WASPADA, PEMANAS AIR BISA MEMATIKAN

Mandi dengan menggunakan air hangat tentu menyegarkan dan membuat pegal-pegal hilang. Namun kenyamanan tersebut bisa menjadi petaka, jika proses pembakaran dari pemanas air tidak sempurna, karena bisa menyemburkan racun gas pemanas air yang mengandung karbonmonoksida (co). Seperti yang dialami Desainer ternama Adesagi yang ditemukan tewas bersama teman prianya Randy di dalam satu kamar mandi di sebuah rumah di Bandung.

Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan, karbonmonoksida merupakan gas yang dihasilkan oleh proses pembakaran tidak sempurna dari bahan organik seperti gas LPG.

Gas LPG dibutuhkan dalam pembakaran untuk memanaskan air. Saat proses pembakaran, gas LPG akan menghasilkan gas karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Pembakaran tersebut juga  membutuhkan oksigen.
Jika proses pembakaran LPG tidak sempurna, maka akan menghasilkan gas karbonmonoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan air (H2O).

Masalahnya, jika gas karbonmonoksida bocor, maka ruangan yang paling rawan terkena bocoran itu adalah kamar mandi, karena biasanya sirkulasi di kamar mandi kurang bagus. Karena itu, begitu gas menyembur satu-satunya cara penanganan adalah memberikan oksigen.

Gas karbonmonoksida tidak hanya dihasilkan dari pembakaran gas LPG yang tidak sempurna. Ia menyebutkan, benda-benda dalam rumah yang berasal dari bahan anorganik yang dibakar, juga bisa menghasilkan gas Karbonmonoksida. Seperti obat nyamuk.

Twitter Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: