ULAMA AS : KURIKULUM ANTAR AGAMA HARUS DITERAPKAN DI AMERIKA

Sebagai agen perubahan, peran pemuda sangat besar untuk mengendalikan isu toleransi antar umat beragama dan bangsa. Dengan demikian, kedepan masyarakat dunia bisa berpikiran terbuka dan dapat menerima perbedaan.


“Belajar mengenai perbedaan agama dan budaya itu sangat penting bagi semua orang, terutama kaum muda,” kata Imam Mohamad Bashar Arafat, seorang ulama Amerika Serikat yang tengah berkunjung ke Jakarta, Kamis 8 Desember 2011.

Untuk mewujudkan misinya, ia mendirikan Civilizations Exchange and Cooperation Exchange, sebuah badan edukasi yang bekerja sama dengan program pertukaran pelajar di AS.

Kegiatan yang dilakukan Imam Arafat lewat CECF selalu ramai diikuti peserta pertukaran pelajar dari seluru dunia. Selain membuat mereka lebih mengenal satu sama lain, programnya juga membuat pola pikir mereka yang selama ini salah tentang agama dan budaya lain.

Misalnya, ia mengajak para pelajar mengunjungi rumah-rumah ibadah sebagai bentuk pengenalan agama. “Ini menarik, karena ternyata banyak di antara mereka yang baru pertama kali berkunjung ke masjid atau sinagog, dan takjub karena bagian dalamnya berbeda dari apa yang mereka bayangkan selama ini,” ujarnya.

Dalam sesi yang lain, para peserta diminta menjelaskan tentang negara asal masing-masing. Bagi Imam Arafat, ini dapat membuka mata para pelajar tentang keunikan budaya yang dimiliki masing-masing negara.

Hal ini cukup efektif, terbukti dari testimonial dua pesertanya, yaitu Yana dari Kazakstan dan Jenny dari Indonesia.

Jenny mengaku sudah tidak lagi paranoid terhadap AS dan penduduk non Muslimnya, sedangkan Yana berkata bahwa ia ingin jalan-jalan ke Palestina setelah mendengar presentasinya dari temannya yang seorang Muslim Palestina.

Bagi Imam Arafat sudah sepatutnya kurikulum antaragama diterapkan di AS sebagai negara multikultural. Dengan demikian, rasa saling menghargai dan menghormati bisa tumbuh lebih baik di kalangan anak mudanya

Twitter Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: