SAATNYA BELI PLAYBOOK BLACKBERRY

Playbook Makin Tak Laku

Playbook Makin Tak Laku

Persaingan yang sangat keras di bisnis komputer tablet membuat Research in Motion (RIM) harus kembali menurunkan harga jual tablet Blackberry Playbook besutannya sampai di bawah harga ritel yang direkomendasikan. Pasar kurang meminati Playbook lantaran harganya dipandang kelewat mahal.

Di pasar Amerika Serikat, Playbook kini dijual dengan harga hanya 199,99 dollar AS untuk versi 16 GB, 299 dollar AS untuk versi 32 GB, dan 399 dollar AS untuk versi 64 GB. Padahal, harga yang disarankan RIM untuk penjualan ritel masih 300 dollar AS ke atas.

Penjualan harga diskon ini dipilih lantaran penjualan Playbook yang terus merosot sejak peluncurannya, alias jauh di bawah target. Selama kuartal I (Januari-Maret) tahun ini, RIM membukukan penjualan Playbook di atas 500.000 unit. Namun memasuki kuartal II (April-Juni), penjualannya merosot lebih dari separohnya menjadi hanya 200.000 unit. Padahal, vednor asal Kanada ini mematok target penjualan 700.000 unit di kuartal II-2011.

Akhir Oktober lalu RIM sebenarnya sudah mulai mengobral PlayBook melalui program Beli 2 Playbook, Gratis 1 Playbook. Program ini berlaku mulai 28 Oktober sampai 31 Desember 2011 dan berlaku untuk konsumen kalangan pebisnis atau korporat yang ingin membekali karyawannya dengan fasilitas Playbook.

RIM juga memberikan bonus aksesoris tambahan seperti Case kulit, BlackBerry Charging Pod dan kabel HDMI Hi-Speed. Dibandingkan produk-produk sejenis dari pesaing, harga Playbook memang kelewat tinggi. Kindle Fire buatan Amazon hanya dibanderol 199 dollar AS, begitu juga dengan tablet Nook yang hanya dilepas di harga 249 dollar AS. Playbook juga harus berjuang keras melawan dominasi iPad dari Apple.

Co-CEO RIM Jim Balsillie sejak awal sudah memperkirakan penjualan Playbook dan bisnis RIM secara keseluruhan akan mengendur di kuartal II-2011, menyusul penurunan yang terjadi di kuartal I-2011. “Kami melihat penurunan pada kuartal I-2011 akan berlanjut pada kuartal II-2011. Penundaan pengenalan produk baru hingga Agustus juga bisa menyebabkan penurunan itu,” kata Jim.

Juni lalu, pendapatan RIM turun 9 persen menjadi 4,2 miliar dollar AS dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 4,6 miliar dollar AS. Laba bersihnya juga merosot menjadi 329 juta dollar AS dari tahun lalu yang 797 juta dollar AS.

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: