IRAN TEMBAK JATUH PESAWAT AMERIKA

Tentara Iran, menembak jatuh sebuah milik Amerika Serikat jenis RQ-170. Pesawat tanpa awak itu, menurut militer Iran melanggar wilayah udara bagian timur yang berbatasan dengan Afghanistan dan Pakistan.

Kantor berita Iran, Fars mengatakan, pesawat itu melanggar wilayah udara Iran di perbatasan timur. Fars memiliki hubungan dekat dengan Garda Revolusi, pasukan elit Iran yang bertanggung jawab atas program-program rudal dan pertahanan udara negara itu.

“Satuan-satuan perang elektronik dan pertahanan udara kami berhasil mengidentifikasi dan menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata canggih tak berawak, RQ-170  setelah pesawat itu melanggar sesaat wilayah perbatasan timur,” kata Fars mengutip satu sumber militer.

Pesawat yang ditembak jatuh itu hanya mengalami kerusakan ringan. Sehingga pihak Iran bisa mengidentifikasi dan membedah isi perut pesawat tersebut. Sumber militer Iran menyebut  insiden itu sebagai pelanggaran wilayah yang sangat mencolok.

RQ-170 Sentinel adalah sebuah pesawat pengintai yang kemunculannya baru terungkap dua tahun lalu oleh media, kemudian dikonfirmasi oleh Angkatan Udara AS pada 2010.

Pada Januari, Iran mengumumkan bahwa pasukannya menembak jat

Pesawat Mata-Mata AS yang Ditembak Iran

uh dua pesawat tak berawak AS setelah mereka melanggar wilayah udara Iran. Teheran kemudian menyatakan akan memamerkan pesawat itu.

Militer dan Badan Intelijen Pusat AS secara rutin menggunakan pesawat tak berawak untuk mengawasi kegiatan militer di kawasan itu. Mereka juga dikabarkan menggunakan pesawat-pesawat itu untuk melancarkan serangan rudal ke Yaman, Afghanistan dan sejumlah kawasan di Pakistan.

Tinggalkan komentar

Top Rating

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabung dengan 5 pelanggan lain