INDONESIA TANPA WAKIL DI LIGA CHAMPION ASIA

Sayang. Saat sepakbola Indonesia sedang berada di puncak popularitasnya, tidak satupun klub yang akan mewakili Indonesia di ajang Liga Champios Asia (LCA) tahun depan. Keputusan ini setelah Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) menolak permohonan PSSI agar posisi Persipura Jayapura untuk tampil di Playoff bisa digantikan oleh Persija Jakarta.

Meski belum ada pernyataan resmi dari PSSI, keputusan dari AFC tersebut sudah bocor oleh manajemen Persipura kepada media massa. Surat dari AFC tertanggal 30 November dengan nomor DAS/T5/BT tersebut merupakan jawaban atas konfirmasi klub yang mewakili Indonesia di Piala AFC dan LCA.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekjen AFC Alex Soosay tersebut, dengan tegas ditulis Indonesia hanya boleh diwakili oleh Persipura di LCA dan Arema Malang di AFC Cup. keputusan itu diambil oleh AFC karena sebelumnya PSSI telah menyerahkan lembar konfirmasi bahwa dua klub itu yang berhak mewakili Indonesia.

“Jika persipura tidak bisa berkompetisi pada LCA musim 2012, kami informasikan jika tim peringkat ketiga Persija tidak bisa tampil atau menggantikan posisinya,” seperti tertulis di surat tersebut.

Kondisi ini cukup disesalkan oleh Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano. Dia menyebut jika yang sebenarnnya ingin menjatuhkan Persipura adalah PSSI karena tidak mengikuti liga resminya. Padahal, AFC telah menegaskan jika itu menjadi hak dari Persipura.

“PSSI yang membuat kami tidak bisa tampil di LCA meski itu menjadi hak kami. Jadi, kesalahan bukan di manajemen Persipura, tapi karena PSSI. Itu karena kami tidak mau bermain di IPL,” terangnya saat dihubungi.

Sementara itu, saat Deputi Sekjen bidang kompetisi PSSI, Saleh Ismail Mukadar saat dikonfirmasi membenarkan mengenai surat AFC tersebut. Namun, dia menolak jika dianggap menjegal Persipura karena sebenarnya mereka yang salah.

Menurutnya, setelah menjelaskan kepada AFC mengenai sikap Persipura yang tampil di liga yang tidak diakui PSSI, AFC kemudian menolak tim asal Jayapura itu untuk tampil. “Saya langsung telepon ke AFC, saya jelaskan kondisi Persipura dan mereka melarangnya. Saat kami ajukan surat lainnya agar Persipura diganti dengan Persija, ternyata juga ditolak,” terangnya, kemarin (3/12).

Dengan keputusan ini, langkah PSSI untuk mencegah Persipura tampil di LCA benar-benar sukses. Tapi, di sisi lain mereka akhirnya gagal mengirimkan wakil merah putih di kompetisi klub tertinggi di Asia tersebut. “Regulasinya seperti itu. Jadi, yang salah kenapa mereka tidak mengikuti regulasi dan tampil di liga yang resmi,” tegasnya.

Menurut Saleh, itu bukalah masalah besar karena tetap ada Arema yang akan mewakili Indonesia di Asia. Selain itu, Saleh menganggap turun di LCA tidak terlalu menarik karena Persipura kali ini harus memulai dari babak playoff. “Jadi Arema saja yang mewakili. Kalau LCA tidak ada, lagipula cuma playoff,” tandasnya.

Twitter Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: