BANJIR JAKARTA DI DEPAN MATA

image

Pemerintah Provinsi Jakarta mendesak warga untuk waspada curah hujan tinggi selama Desember-Februari 2012. Mereka juga diminta untuk membersihkan drainase di permukiman mereka dari sekarang sehingga air hujan akan mengalir secara optimal.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan bahwa berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan tinggi akan terjadi selama bulan Desember sampai minggu pertama Februari 2012. “Menanggapi itu, kita harus mempersiapkan diri. Warga diminta untuk membersihkan drainase dari sampah, “katanya setelah memimpin Upacara Penanganan Banjir 2011 Persiapan di pengadilan Monumen Nasional, Rabu (11/30).

Menurut dia, kewaspadaan harus ditingkatkan untuk menghadapi kemungkinan banjir. Untuk meminimalkan banjir di kota, perlu kerjasama dari semua pihak dan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah kota atau pemerintah pusat saja. “Peran aktif Warga ‘juga diperlukan. Kita perlu bersinergi dengan warga untuk mencegah banjir di kota. Meskipun kita berdoa itu tidak akan terjadi, tapi kita masih harus tetap waspada, “tegasnya. Selama ini, ia menambahkan, pemerintah kota terus melakukan upaya pencegahan, seperti dengan normalisasi sungai yang volume air sedimentasi kapasitas, normalisasi drainase, bangunan waduk, dan sebagainya.

Sementara itu, untuk membantu membersihkan sampah dalam mikro serta drainase makro dan penanganan sampah selama dan setelah banjir, Eko Bharuna sebagai Kepala Departemen Kebersihan Jakarta menyatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan 525 personel dari Jakarta Departemen Kebersihan dan sub-departemen di lima wilayah kota sebagai serta perlengkapan kesehatan disiapkan dan peralatan penanganan banjir pembersihan.

Kit kebersihan terdiri dari 54 truk sampah, 14 toilet mobile, 12 truk tangki air kotor, air bersih 3 truk tangki, dan 6 alat berat. Sedangkan peralatan penanganan banjir pembersih 1.000 kantong plastik untuk menampung sampah, 250 panci debu, 250 garu, sekop dan 250. “Kami siap untuk membantu warga membersihkan drainase di permukiman mereka, sehingga mereka akan bebas dari genangan air,” tambahny

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: