GEGER, GRAFITI ANTI KERAJAAN SAUDI

Grafiti Anti Kerajaan Saudi

Grafiti Anti Kerajaan Saudi

Warga Arab Saudi pada umumnya amat menghormati keluarga Kerajaan Arab Saudi. Tetapi dengan berlangsungnya Revolusi Arab atau Arab Spring, pihak-pihak yang membenci keluarga kerajaan mulai muncul.

Salah satu contoh yang membuat heboh di Arab Saudi saat ini adalah sebuah grafiti atau lukisan dinding yang menulis hinaan terhadap keluarga kerajaan.

Grafiti itu jelas terlihat di wilayah timur Arab Saudi. Wilayah ini sebelumnya sempat dipenuhi kerusuhan antara warga dengan pihak keamanan.

“Keluarga Al-Saud (Raja Arab) harus bertanggung jawab atas darah dari para martir. Gubernur Mohammed bin Fadh bin Abdul Aziz harus turun dari kekuasaannya,” ucap tulisan dari grafiti tersebut di Kota Qatib seperti dikutip AFP, Sabtu (26/11/2011).

Pasukan keamanan pun langsung disiapkan di pintu masuk Kota Qatib dan melakukan patroli. Langkah keamanan ini diambil setelah sepekan lalu terjadi kerusuhan yang menewaskan di kota yang sebagian besar adalah warga Muslim Syiah.

Posisi Muslim Syiah Arab Saudi memang kerap dianggap tertekan oleh warga Arab Saudi yang memang lebih banyak didominasi oleh warga Muslim Sunni.

Tetapi ulama setempat mendesak agar pihak berwenang untuk melakukan konsiliasi dengan komunitas mereka. “Pemerintah harus menghentikan sikap yang diskriminasi demi mengobati luka yang kami alami,” ucap Syekh Hassan Saar.

Namun mufti Arab Saudi Syekh Abdul Aziz al-Sheikh menuduh insiden yang terjadi di Qatif adalah ulah dari kelompok kriminal yang menerima perintah dari pihak asing. 

Twitter Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: