PROSESI PERNIKAHAN IBAS – ALIYA

IBAS - ALIYA MENUNJUKKAN SURAT NIKAH

Acara pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono, putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa, putri dari Hatta Rajasa, berlangsung di Istana Cipanas, Jawa Barat. Ibas dan Aliya, begitu kedua mempelai biasa disapa berlangsung dengan prosesi adat Jawa.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan kata pengantar dari SBY. Setelah itu dilanjutkan dengan pengajian dan ramah tamah dari pukul 10.15 WIB sampai dengan 10.45 WIB. Kemudian dibagikan bingkisan dari SBY kepada peserta pengajian.

Pada pukul 14.30 WIB diadakan pemasangan bleketepe. Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono, Agus Harimurti dan Annisa Pohan membawa untaian padi berjalan menuju gapura. SBY memasang bleketepe dilanjutkan dengan membuka selubung pisang. Lalu diadakan pemasangan tuwuhan, Ibu Ani akan menyerahkan untaian padi untuk diselipkan di antara sela-sela tuwuhan. Dilanjutkan dengan meletakkan bucalan.

Lalu, pada pukul 15.00 WIB dengan bertempat di pendopo, berlangsung acara sungkeman calon pengantin pria kepada kedua orangtua dan pinisepuh. Calon pengantin pria berjalan jongkok menuju orang tua terus bersimpuh memohon maaf dan mohon doa restu.


Setelah itu, calon pengantin pria berganti busana untuk menjalani prosesi siraman. Prosesi siraman dilakukan oleh kedua orangtua dan pinisepuh. Presiden SBY dan Ibu Ani menjemput Ibas dari kamar pengantin dan membimbing menuju tempat siraman.

Yang memberikan siraman yakni SBY, Ani, Ageng Sarwo Edhie, Wiwiek, Erwin Sudjono, Titiek Erwin Sudjono, dan Tuti Hadi Utomo. Setelah siraman memecahkan kendi yang tadinya untuk menampung air.

SIRAMAN MEMPELAI WANITA

Pukul 16.00 WIB dilakukan potong rikmo (pemotongan rambut Ibas). Dilakukan oleh SBY dan Ibu Ani. Selanjutnya potongan rambut disimpan untuk disatukan dengan rambut Aliya. Setelah itu, SBY menggendong Ibas ke kamar. Ibas berias dan dilanjutkan dengan potong tumpeng oleh SBY.

Sekitar pukul 16.15 WIB, ada acara dodol dawet (jualan dawet) dan kreweng (pecahan genteng) dibagikan ke tamu undangan. Ibu Ani jualan dawet sambil menggendong bakul. SBY memayungi sambil menerima kreweng lalu dimasukkan ke dalam bakul yang digendong Ibu Ani.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan melepas ayam jantan muda. Kemudian acara Midodareni. Keluarga Ibas dan rombongan di Cikeas bersiap-siap sebelum menuju ke kediaman calon pengantin wanita di Fatmawati, Jakarta Selatan.

KEDUA MEMPELAI USAI AKAD NIKAH

Akad nikah sendiri dilangsungkan Kamis mendatang, 24 November. Sementara resepsi yang menutup rangkaian prosesi dilangsungkan Sabtu, 26 November.

Twitter Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Top Rated

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: